sistem bilangan

Gambar
                                                                    SISTEM BILANGAN Sistem Bilangan adalah kumpulan simbol khusus yang digunakan dalam membangun sebua bilangan. Sistem bilangan yang umum dipakai manusia adalah Desimal yang terdiri dari sepuluh simbol yaitu 0 s/d 9. Sistem bilangan desimal biasanya disebut sistem bilangan berbasis 10. Penulisan basis sistem bilangan biasanya diakhir bilangan berupa angka yang diperkecil / subscrip,akan tetapi biasanya untuk sistem bilangan desimal tidak dituliskan. A. SISTEM BILANGAN DI KOMPUTER Sistem bilangan yang digunakan dalam komputer adalah : 1. Sistem Bilangan Biner 2. Sistem Bilangan Oktal ...

open office.org

OPEN OFFICE

II. TUJUAN
1. Praktikan dapat mengenal dan menggunakan Open Office.
2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan Open Office.

III. DASAR TEORI
A. OPEN OFFICE.Org
Open Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi. OpenOffice.org, yang juga populer disebut sebagai ooo (atau oo.o) dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui ooo belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh OpenOffice.org. OpenOffice.org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:

B. PAKET APLIKASI OPEN OFFICE.Org
1.      Word processing (Writer)
        Adalah aplikasi pengolah kata (word Processor) yang fungsinya sama seperti Microsoft Office Word. Dengan fitur yang hampir sama dengan tampilan yang dimiliki Open Office Writer tidak jauh berbeda dengan aplikasi Word Processor yang dimiliki Microsoft Word, Interface utama atau lembar kerja adalah area untuk mengedit dokumen (ruang putih di tengah windows), dibagian window terdapat bermacam – macam fungsi yang dikumpulkan ko toolbars dan dengan menu – menu tersebut kita dapat menentukan format huruf, paragraph, ukuran kertas, perataan (text alignment) dan masih banyak lagi, Open Office Writer adalah word processor yang baik dan memiliki tampilan format WYSIWYG ( What You See Is What You Get), apa yang kita lihat di Open Office Writer itulah yang kita dapatkan jika mencetak dokumen.
Beberapa fitur yang tersedia di Open Office.org Writer adalah:
Ø  Wizard yang mempermudah pembuatan dokumen – dokumen standart seperti surat, fax, agenda, atau nilai merge, kita juga dapat membuat template sendiri sesuai kebutuhan kita.
Ø  Styles dan Formatting.
Ø  Auto Correct Dictonary yang dapat mengecek ejaan selama kita mengetik.
Ø  Auto Complete dapat menyarankan kata – kata atau frase umum untuk melengkapi apa yang kita ketik.
Ø  Auto Format menangani format tulisan selama kita mengetik, membebaskan kita untuk berkonsentari lebih pada pesan yang ingin kita sampaikan.
Ø Bingkai Teks dan Lingking untuk menangani urusan dekstop publishing seperti membuat buletin, flyer dan lain – lain.
Ø  Pembuatan daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar lainnya secara otomatis.
Ø Writer dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa langsung mengirim dokumen kita melalui email.
Ø Fasilitas ekspor HTML ke web atau mencetaknya dalam bentuk Portable Document Format (PDF).
Ø Penyimpanan dokumen dalam format Open Document Standart Internasional Baru untuk Dokumen Office, format baru berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompitabel terhadap format Open Document.
Ø Writer dapat membaca format document Microsoft Office dan menyimpan hasil kerja ke dalam format Microsoft Word.

 Open Office. Org Writer mempunyai Bar berisi 9 menu, yakni :
Ø      Menu File yaitu menu utama yang digunakan untuk mengatur file seperti membuka lembar kerja, menutup lembar kerja, menyimpan lembar kerja, dan melakukan pencetakan dokumen.
Ø    Menu Edit yakni menu utama kedua yang digunakan untuk membantu pengguna dalam proses pengeditan dokumen, termasuk dalam pencarian teks.
Ø   Menu View yakni menu untuk mengatur tampilan dokumen atau lembar kerja termasuk untuk memperbesar dan memperkecil ukuran lembar kerja.
Ø     Menu Insert yakni menu untuk menyisipkan beberapa jenis objek ke dalam lembar kerja, objek tersebut dapat berupa gambar, karakter khusus, simbol, header, footer, nomor halaman, tanggal, dan waktu, tabel, dan juga objek lainnya yang terdapat dalam dokumen lembar kerja.
Ø       Menu Table yakni menu atau fasilitas untuk membuat tabel termasuk yang memiliki operasi – operasi dasar tabel seperti Insert, Delete, Seleect, Merge dan Split Cells.
Ø     Menu Tools yakni menu yang sangat berperan mengatur beberapa fasilitas konten pada aplikasi Open Office.Org Writer, pada menu inilah opsi – opsi dalam Open Office. Org Writer dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita, melalui menu ini kita dapat mengatur kinerja aplikasi Open Office. Org Writer agar dapat lebih maksimal.
Ø    Menu Windows yakni menu untuk mengatur jendela – jendela dokumen atau file lembar kerja yang sedang aktif atau terbuka.
Ø  Menu Help yakni menu untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi mengenai Open Office. Org Writer baik secara ofline maupun secara online di Internet.
Ada 3 (tiga) Toolbar Open Office. Org Writer yang sering digunakan dalam proses pengeditan dokumen yaitu Standard, Formatting dan Drawing.
Ø Toolbar Standart adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dokumen seperti membuka, menyimpan, sampai pada pencetakan dokumen.
Ø Toolbar Formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dan memodifikasi teks atau tulisan dalam dokumen.
Ø Toolbar Drawing adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengedit objek gambar dan berbagai bentuk objek dokumen lainnya.

2.        Spreadsheet (Calc)
        Open Office Calc atau bisa disebut dengan sebutan Spreadsheet adalah salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka – angka untuk menjadi satu informasi berupa hasil pengolahan tersebut, fungsi dari SpreadSheet ini hampir sama dengan aplikasi SpreadSheet ini hampir sama dengan aplikasi SpreadSheet yang sudah ada lebih dahulu terkenal yakni Microsoft Office Excel, semua fungsi cara melakukan pembuatan tabel dan formula perhitungan sama persis dengan excel, jadi bagi yang sudah mengenal dan menguasai program excel tidak akan masalah apabila ingin pindah ke Ope Office. Org Calc, keuntungan dari aplikasi ini adalah dimana lisensi yang diberikan adalah free karena termasuk GPL (General Public Lisense), dan kita bisa menjadi salah satu pihak yang mengenalkan aplikasi ini dalam project yang dikembangkan oelh situs Open Office dengan cara meregisterkan Open Office kita ke situs mereka.
        Open Office adalah software spreadsheets yang memungkinkan untuk melakukan input dan manipulasi sel data (data cells) yang terorganisasi dalam baris dan kolom, membuat daftar memelihara record, dan menganalisa data, sebuah sel adalah pengisi bagian individu dari data seperti kuantitas, tabel atau formula matematika, pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, sheet 1, sheet 2 dan sheet 3, dengan minimal sheet dan dapat menambah atau mengurangi sheet yang terdiri dari 256 kolom, yakni kolom A sampai dengan kolom IV dan terdiri dari 32.000 baris.
        Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan, tabulasi silang, ringkasan dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti. Formula bahasa alami mengijinkan anda membuat formula menggunakan kata-kata (contoh : “Penjualan-Pengeluaran”). Tombol intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis tergantung dari konteks.

3.      Presentation (Impress)
        Open Office Impress merupakan salah satu aplikasi dari Open Office yang merupakan salah satu paket yang terdapat dalam Open Office suite yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi dan dokumen HTML misalnya presentasi rencana proyek, produk, srategi marketing, akdemis dan sebagainya, jika kita membandingkan dengan bentuk Microsoft Office, Open Office lebih kurang sama fungsinya dengan Microsoft Power Point.
        Impress adalah perangkat yang sungguh canggih untuk membuat presentasi multimedia yang efektif presentase yang tampak luar biasa berupa Clip Art 2D dan 3D, efek khusus, animasi dan perangkat penggambar yang canggih, halaman utama mempermudah tugas mempersiapkan materi-materi, hemat waktu banyak dengan mendownload template dari repository Extension kami, sebuah jangkauan yang lengkap tentang Views sudah didukung : Drawing/OutlineSlide/Notes?Handdouts untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar, ditambah dengan sebuah tampilan multi-pane opsional untuk meletakkan semua dalam tanggan.
Impress mendukung banyak monitor, sehingga pembicara dapat melihat sesuatu yang lain ketika mempresentasikan slidenya pada proyektor. Manfaatkan ini dengan Extension Presenter Console yang mengijinkan kita melihat slide berikutnya dan juga waktu dan catatan untuk penulis.
Impress memiliki perangkat penggambar dan diagram yang mudah untuk digunakan untuk memberikan nilai lebih pada presentasi, animasi dan efek slide show membuat presentasi serasa hidup, fontwork menyediakan gambar 2D dan 3D dari teks, buat gambar-gambar 3D dengan cepat, simpan presentasi dalam format Open Document standart internasional baru untuk dokumen perkantoran, format berbasis XML ini berarti kita tidak terikat hanya pada Impress, kita bisa mengakses dokumen dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung Open Office.

4.      Database (Base)
        Base adalah sistem manajemen basis data berbasis dekstop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna mulai dari melacak koleksi CD pribadi anda, hingga menghasilkan laporan penjualan bulanan BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terdapat BASE) untuk membuat tabel, Query, Form dan Report bersaa dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice dan banyak lagi, ketika hanya memerlukan basis data relasional HSQL dikonfigurasi untuk pengguna tunggal dengan data tersimpan pada dokumen BASE beserta dengan dukunga  native untuk dokumen dBase. Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secarra native, MySQL, Adabas D, Microsoft Access dan PostgreSQL sebagai tambahan, dukungan untuk driver standart JDBC dan ODBC juga mengijinkan untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada, BASE terintegrasi dengan aplikasi Open Office.org yang lain, misalnya
Ø  Menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada Writer menggunaan standart industri protocol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
Ø     Membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan, BASE adalah modul Open Office yang digunakan untuk membuat aplikasi basis data, kemampuannya setara dengan Ms. Access sehingga dapat digunakan untuk membuat form report, query, table, view dan relasi, cukup banyak database engine yang bisa digunakan oleh aplikasi ini seperti : HSQLDB (Default Databasenya), sBase, MS Access.
5.      Drawing/Graphics (Draw)
        Draw adalah modul Open Office yang digunakan untuk menggambar, umumnya ini digunakan untuk menggambar diagram ataupun flowchart, file dapat disimpan dalam berbagai format seperti PNG, HTML, PDF, Flash, untuk kebutuhan membuat gambar pada Writer, Calc dan Impress dapat dilakukan dengan mengaktifkan modul Draw atau menggunakan tool dari toolbar Drawing, DRAW dari sketsa hingga rancangan yang kompleks, DRAW memberikan sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan grafis dan diagram.
        Manipulasi objek merontasi dalam dua atau tiga dimensi, pengendali 3D meletakkan lingkaran, tabung, dll sesuai keputusan anda, mengelola objek,mengelompokan, memisahkan, menggabungkan dan mengedit obyek selama dikelompokkan, proses rendering yang kompleks menginginkan membuat gambar yang realistis dengan tekstur milik anda sendiri, efek cahaya, transparansi, perspektif dan sebagainya, smart connectors mempercepat pembuatan diagram alur, bagan organisasi, diagram jaringan. Dimension lines secara otomatis mengkalkulasi dan menampilkan dimensi linier ketika menggambar, gunakan gambar – gambar gallery untuk clipart buat seni sendiri dan tambahkan kedalam gallery, simpan gambar dalam format Open Document, standart internasional baru untuk dokumen dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung Open Document
6.      Formula/Math (Math)
        Math adalah editor formula atau rumus dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks yang terdiri dari simbol atau karakter yang tidak ada pada font standart, aplikasi Math sendiri dapat dipanggil dari write dan Impress atau dapat pula diaktifkan sebagai editor sendiri, file yang dihasilkan dapat disimpan dalam format MathML.
        MATH adalah komponen Open Office.org untuk rumus matematika, paket ini paling sering digunakan sebagai editor rumus untuk dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan dengan berbagai macam dokumen yang lain atau secara mandiri.
        Menggunakan MATG terdapat tiga cara utama untuk memasukan semua formula:
-       Menulis markup pada editor
-       Klip kanan editor rumus dan pilih simbol dari menu konteks
-       Pilih simbol dari toolbox selection

C. KELEBIHAN OPEN OFFICE
Selain itu, ooo juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office. Kita akan membahas sepuluh kelebihan open office diantaranya :
1.    Ketersediaan source code. OpenOffice.org adalah free/open source software. Artinya, source code OpenOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun untuk membeli lisensi penggunaan. Pengguna tidak perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan atau media instalasi OpenOffice.org. ketersediaan source code juga memiliki nilai tambah diantaranya kita tidak bergantung pada satu perusahaan tertentu, siapa saja selama menuruti lisensi yang digunakan bisa mengembangkan sendiri paket Office berbasis Open Office. Org bukan pekerjaan yang sederhana, tapi kita bisa melakukannya.
2.     Berjalan pada banyak platform Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara, OpenOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan OpenOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.
3.  Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya  Dengan menggunakan OpenOffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak hanya itu, OpenOffice.org juga bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lain. Sebut saja WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Dengan menggunakan OpenOffice.org, Anda bisa bekerja dengan banyak format dokumen.
4.    Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel OpenOffice.org 2.x menggunakan format dokumen OpenDocument, yang sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format OpenOffice.org.
5.  Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah Dengan menggunakan OpenOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah, tanpa membutuhkan program atau pustaka tambahan.
6.     Macro dalam berbagai bahasa pemrograman Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan OpenOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python dan Javascript, disamping OpenOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.
7.      Akses database yang luas dan transparan OpenOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan OpenOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia ini. OpenOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.
8.     Wizard untuk konversi dokumen MS Office Punya satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word, Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan ke format OpenOffice.org? Mudah. Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
9.    Sangat customizeable. Ingin mengubah sebagian besar user interface OpenOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti icon default? Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan OpenOffice.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain! Ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.
10. User interface yang konsisten antar komponen Arsitektur program OpenOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org.

D. DATA BASE MANAJEMENT
Data Base Manajement adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas. Pada pemberkasan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai, setiap kali terdapat kebutuhan baru dari pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer, akibatnya kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas – berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.

E. PENGEMBANGAN OPEN OFFICE.ORG
Keberadaan program Open Office sendiri sebenarnya sangat membantu kita sebagai pengguna sistem operasi windows, untuk mengurangi faktor biaya dalam penggunaan komputer terutama para pengusaha yang ingin usahanya aman dan amanah dalam menjalankan usahanya agar terhindar dari praktek pembajakan software, dengan hanya membeli sistem operasi windows maka semua biaya dapat kita tekan dengan tidak membeli semua software yang diperlukan untuk kegiatan aktifitas bisnis. Penggunaan program Open Office seperti program pengolah kata seperti Word, Excel, Powerpoint maupun data base sudah tersedia dalam satu file master instalasi Open Office.Org, pengakuan tim Pengembang Program Open Office.Org yaitu mampu menggantikan dan bersaing dengan Program Microsoft Office 2007.












IV. LANGKAH – LANGKAH INSTALASI OPEN OFFICE. ORG
1.    Klik 2x pada installer Open Office
2.  Muncul user account control “do you want to allow the following program to make changes tothis computer?” [ klik “yes”
3.    Muncul installation preparation seperti gambar di bawah klik “Next”

4. Select folder – memilih folder sebagai tempat instalasi open office, jika ingin menyimpan kefolder lain klik browse lalu pilih folder yang diinginkan [ klik “unpack”


5.    Muncul Installation wizard yang berfungsi untuk meng-instal komponen ke computer. Klik “Next”

6. Customer Information, mengisi nama user/pengguna dan memilih untuk siapa open office dapat dijalankan. Ada 2 pilihan, all user dan hanya user/pengguna.nKlik “Next”

7.   Setup type, untuk memilih tipe penginstalan. Typical, semua komponen akan diinstal. Custom, bisa memilih fitur-fitur yang ingin diinstal dan tempat penginstalannya. Klik “Next”

8.       Langkah terakhir untuk memulai penginstalan. Centang “create a start link on desktop untuk menampilkan open office di desktop. Klik “Install”

9.    Installation Wizard Completed, penginstalan open office success Klik “Finish” dan Open office siap untuk dijalankan J



  
V. TUGAS PRAKTIKUM
1.    Jelaskan proses apa saja yang bisa dilakukan dengan OpenOffice.org
Jawab :
·      OpenOffice.org Writer adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office, Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.
·      OpenOffice.org Calc adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
·   OpenOffice.org Impress adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
·   OpenOffice.org Draw adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
·    OpenOffice.org Math adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
·  OpenOffice.org Base adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.

2.    Buatlah suatu file untuk masing-masing OpenOffice.org dan simpan dalam format PDF untuk OpenOffice.org Writer
Jawab : Proses untuk meng-export ke pdf pilih menu file, kemudian klik export to pdf, dan akan muncul pdf options, klik export dan save.

3.    Carilah cara lain mengeluarkan Toolbars Drawing dan formating?
Jawab : Klik View a Toolbars a drawing
4.    Bagaimanakah caranya memidahkan suatu icon ?
Jawab :  Klik kanan pada icon yang ingin dipindahkan, kemudian klik tanda ( Ö ) yang ada disamping icon hingga tanda ( Ö ) hilang

5.    Mengapa speeling&grammar perlu di non aktifkan!
Jawab : Agar kata yang kita dapat memasukkan kata atau kalimat sesuai dengan keingian kita, karena jika spelling dan grammar diaktifkan kata yang kita masukkan akan di repair sesuai dengan ejaan bahasa yang kita setting pada spelling&grammar.

6.    Bagaimankah caranya menonaktifkan speeling&grammar?
Jawab : Klik Tool à language à for all text à klik None (do not check spelling).




V. DAFTAR PUSTAKA
Noprianto, Praktisi Linux dan Kontributor Majalah Info Linux

http://id.openoffice.org/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARDWARE

jaringan komputer

APLIKASI MULTIMEDIA