OPEN
OFFICE
II.
TUJUAN
1. Praktikan dapat mengenal dan
menggunakan Open Office.
2. Praktikan dapat mengetahui
bagaimana caranya bekerja dengan Open Office.
III.
DASAR TEORI
A. OPEN OFFICE.Org
Open
Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan
membantu Anda di tempat kerja, sekolah,
rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat
grafik dan membuat dokumen presentasi.
OpenOffice.org,
yang juga populer disebut sebagai ooo (atau oo.o) dikembangkan
oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui ooo belum bisa dibandingkan dengan
Microsoft Office. Namun, sebagian besar
pengguna
toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh
OpenOffice.org. OpenOffice.org datang dengan
semua
komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:
B. PAKET APLIKASI OPEN
OFFICE.Org
1. Word
processing (Writer)
Adalah
aplikasi pengolah kata (word Processor) yang fungsinya sama seperti Microsoft
Office Word. Dengan fitur yang hampir sama dengan tampilan yang dimiliki Open
Office Writer tidak jauh berbeda dengan aplikasi Word Processor yang dimiliki
Microsoft Word, Interface utama atau lembar kerja adalah area untuk mengedit
dokumen (ruang putih di tengah windows), dibagian window terdapat bermacam –
macam fungsi yang dikumpulkan ko toolbars dan dengan menu – menu tersebut kita
dapat menentukan format huruf, paragraph, ukuran kertas, perataan (text
alignment) dan masih banyak lagi, Open Office Writer adalah word processor yang
baik dan memiliki tampilan format WYSIWYG ( What You See Is What You Get), apa
yang kita lihat di Open Office Writer itulah yang kita dapatkan jika mencetak
dokumen.
Beberapa fitur yang tersedia di Open
Office.org Writer adalah:
Ø Wizard
yang mempermudah pembuatan dokumen – dokumen standart seperti surat, fax,
agenda, atau nilai merge, kita juga dapat membuat template sendiri sesuai
kebutuhan kita.
Ø Styles
dan Formatting.
Ø Auto
Correct Dictonary yang dapat mengecek ejaan selama kita mengetik.
Ø Auto
Complete dapat menyarankan kata – kata atau frase umum untuk melengkapi apa
yang kita ketik.
Ø Auto
Format menangani format tulisan selama kita mengetik, membebaskan kita untuk
berkonsentari lebih pada pesan yang ingin kita sampaikan.
Ø Bingkai
Teks dan Lingking untuk menangani urusan dekstop publishing seperti membuat
buletin, flyer dan lain – lain.
Ø Pembuatan
daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar
lainnya secara otomatis.
Ø Writer
dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa
langsung mengirim dokumen kita melalui email.
Ø Fasilitas
ekspor HTML ke web atau mencetaknya dalam bentuk Portable Document Format
(PDF).
Ø Penyimpanan
dokumen dalam format Open Document Standart Internasional Baru untuk Dokumen
Office, format baru berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain
yang kompitabel terhadap format Open Document.
Ø Writer
dapat membaca format document Microsoft Office dan menyimpan hasil kerja ke
dalam format Microsoft Word.
Open
Office. Org Writer mempunyai Bar berisi 9 menu, yakni :
Ø Menu
File yaitu menu utama yang digunakan untuk mengatur file seperti membuka lembar
kerja, menutup lembar kerja, menyimpan lembar kerja, dan melakukan pencetakan
dokumen.
Ø Menu
Edit yakni menu utama kedua yang digunakan untuk membantu pengguna dalam proses
pengeditan dokumen, termasuk dalam pencarian teks.
Ø Menu
View yakni menu untuk mengatur tampilan dokumen atau lembar kerja termasuk
untuk memperbesar dan memperkecil ukuran lembar kerja.
Ø Menu
Insert yakni menu untuk menyisipkan beberapa jenis objek ke dalam lembar kerja,
objek tersebut dapat berupa gambar, karakter khusus, simbol, header, footer,
nomor halaman, tanggal, dan waktu, tabel, dan juga objek lainnya yang terdapat
dalam dokumen lembar kerja.
Ø Menu
Table yakni menu atau fasilitas untuk membuat tabel termasuk yang memiliki
operasi – operasi dasar tabel seperti Insert, Delete, Seleect, Merge dan Split
Cells.
Ø Menu
Tools yakni menu yang sangat berperan mengatur beberapa fasilitas konten pada
aplikasi Open Office.Org Writer, pada menu inilah opsi – opsi dalam Open
Office. Org Writer dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita, melalui menu
ini kita dapat mengatur kinerja aplikasi Open Office. Org Writer agar dapat
lebih maksimal.
Ø Menu
Windows yakni menu untuk mengatur jendela – jendela dokumen atau file lembar
kerja yang sedang aktif atau terbuka.
Ø Menu
Help yakni menu untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi mengenai
Open Office. Org Writer baik secara ofline maupun secara online di Internet.
Ada
3 (tiga) Toolbar Open Office. Org Writer yang sering digunakan dalam proses
pengeditan dokumen yaitu Standard, Formatting dan Drawing.
Ø Toolbar
Standart adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dokumen seperti
membuka, menyimpan, sampai pada pencetakan dokumen.
Ø Toolbar
Formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dan
memodifikasi teks atau tulisan dalam dokumen.
Ø Toolbar
Drawing adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengedit objek gambar dan
berbagai bentuk objek dokumen lainnya.
2.
Spreadsheet (Calc)
Open
Office Calc atau bisa disebut dengan sebutan Spreadsheet adalah salah satu
aplikasi perkantoran yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa
angka – angka untuk menjadi satu informasi berupa hasil pengolahan tersebut,
fungsi dari SpreadSheet ini hampir sama dengan aplikasi SpreadSheet ini hampir
sama dengan aplikasi SpreadSheet yang sudah ada lebih dahulu terkenal yakni
Microsoft Office Excel, semua fungsi cara melakukan pembuatan tabel dan formula
perhitungan sama persis dengan excel, jadi bagi yang sudah mengenal dan
menguasai program excel tidak akan masalah apabila ingin pindah ke Ope Office.
Org Calc, keuntungan dari aplikasi ini adalah dimana lisensi yang diberikan
adalah free karena termasuk GPL (General Public Lisense), dan kita bisa menjadi
salah satu pihak yang mengenalkan aplikasi ini dalam project yang dikembangkan
oelh situs Open Office dengan cara meregisterkan Open Office kita ke situs
mereka.
Open
Office adalah software spreadsheets yang memungkinkan untuk melakukan input dan
manipulasi sel data (data cells) yang terorganisasi dalam baris dan kolom,
membuat daftar memelihara record, dan menganalisa data, sebuah sel adalah
pengisi bagian individu dari data seperti kuantitas, tabel atau formula
matematika, pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, sheet
1, sheet 2 dan sheet 3, dengan minimal sheet dan dapat menambah atau mengurangi
sheet yang terdiri dari 256 kolom, yakni kolom A sampai dengan kolom IV dan
terdiri dari 32.000 baris.
Teknologi
DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari
basis data perusahaan, tabulasi silang, ringkasan dan mengkonversinya menjadi
informasi yang berarti. Formula bahasa alami mengijinkan anda membuat formula
menggunakan kata-kata (contoh : “Penjualan-Pengeluaran”). Tombol intelligent
Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis tergantung
dari konteks.
3. Presentation
(Impress)
Open
Office Impress merupakan salah satu aplikasi dari Open Office yang merupakan
salah satu paket yang terdapat dalam Open Office suite yang dapat digunakan
untuk membuat slide presentasi dan dokumen HTML misalnya presentasi rencana
proyek, produk, srategi marketing, akdemis dan sebagainya, jika kita membandingkan
dengan bentuk Microsoft Office, Open Office lebih kurang sama fungsinya dengan
Microsoft Power Point.
Impress
adalah perangkat yang sungguh canggih untuk membuat presentasi multimedia yang
efektif presentase yang tampak luar biasa berupa Clip Art 2D dan 3D, efek
khusus, animasi dan perangkat penggambar yang canggih, halaman utama
mempermudah tugas mempersiapkan materi-materi, hemat waktu banyak dengan
mendownload template dari repository Extension kami, sebuah jangkauan yang
lengkap tentang Views sudah didukung : Drawing/OutlineSlide/Notes?Handdouts
untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar, ditambah dengan
sebuah tampilan multi-pane opsional untuk meletakkan semua dalam tanggan.
Impress mendukung banyak monitor,
sehingga pembicara dapat melihat sesuatu yang lain ketika mempresentasikan
slidenya pada proyektor. Manfaatkan ini dengan Extension Presenter Console yang
mengijinkan kita melihat slide berikutnya dan juga waktu dan catatan untuk
penulis.
Impress memiliki perangkat penggambar dan
diagram yang mudah untuk digunakan untuk memberikan nilai lebih pada
presentasi, animasi dan efek slide show membuat presentasi serasa hidup,
fontwork menyediakan gambar 2D dan 3D dari teks, buat gambar-gambar 3D dengan
cepat, simpan presentasi dalam format Open Document standart internasional baru
untuk dokumen perkantoran, format berbasis XML ini berarti kita tidak terikat
hanya pada Impress, kita bisa mengakses dokumen dari sembarang perangkat lunak
lain yang mendukung Open Office.
4. Database
(Base)
Base
adalah sistem manajemen basis data berbasis dekstop yang lengkap, didesain
untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna mulai dari melacak koleksi CD
pribadi anda, hingga menghasilkan laporan penjualan bulanan BASE menawarkan
panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru
terdapat BASE) untuk membuat tabel, Query, Form dan Report bersaa dengan
sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset,
Konsumen, Penjualan, Invoice dan banyak lagi, ketika hanya memerlukan basis
data relasional HSQL dikonfigurasi untuk pengguna tunggal dengan data tersimpan
pada dokumen BASE beserta dengan dukunga
native untuk dokumen dBase. Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung
berbagai basis data yang populer secarra native, MySQL, Adabas D, Microsoft
Access dan PostgreSQL sebagai tambahan, dukungan untuk driver standart JDBC dan
ODBC juga mengijinkan untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data
yang ada, BASE terintegrasi dengan aplikasi Open Office.org yang lain, misalnya
Ø Menyediakan
data buku alamat untuk mail merge pada Writer menggunaan standart industri
protocol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook,
Microsoft Windows dan Mozilla;
Ø Membuat
jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau
sebagai dasar untuk bagan, BASE adalah modul Open Office yang digunakan untuk
membuat aplikasi basis data, kemampuannya setara dengan Ms. Access sehingga
dapat digunakan untuk membuat form report, query, table, view dan relasi, cukup
banyak database engine yang bisa digunakan oleh aplikasi ini seperti : HSQLDB
(Default Databasenya), sBase, MS Access.
5. Drawing/Graphics
(Draw)
Draw
adalah modul Open Office yang digunakan untuk menggambar, umumnya ini digunakan
untuk menggambar diagram ataupun flowchart, file dapat disimpan dalam berbagai
format seperti PNG, HTML, PDF, Flash, untuk kebutuhan membuat gambar pada
Writer, Calc dan Impress dapat dilakukan dengan mengaktifkan modul Draw atau
menggunakan tool dari toolbar Drawing, DRAW dari sketsa hingga rancangan yang
kompleks, DRAW memberikan sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan grafis
dan diagram.
Manipulasi
objek merontasi dalam dua atau tiga dimensi, pengendali 3D meletakkan
lingkaran, tabung, dll sesuai keputusan anda, mengelola objek,mengelompokan,
memisahkan, menggabungkan dan mengedit obyek selama dikelompokkan, proses
rendering yang kompleks menginginkan membuat gambar yang realistis dengan
tekstur milik anda sendiri, efek cahaya, transparansi, perspektif dan
sebagainya, smart connectors mempercepat pembuatan diagram alur, bagan
organisasi, diagram jaringan. Dimension lines secara otomatis mengkalkulasi dan
menampilkan dimensi linier ketika menggambar, gunakan gambar – gambar gallery
untuk clipart buat seni sendiri dan tambahkan kedalam gallery, simpan gambar
dalam format Open Document, standart internasional baru untuk dokumen dari
sembarang perangkat lunak lain yang mendukung Open Document
6. Formula/Math
(Math)
Math
adalah editor formula atau rumus dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks
yang terdiri dari simbol atau karakter yang tidak ada pada font standart,
aplikasi Math sendiri dapat dipanggil dari write dan Impress atau dapat pula
diaktifkan sebagai editor sendiri, file yang dihasilkan dapat disimpan dalam
format MathML.
MATH
adalah komponen Open Office.org untuk rumus matematika, paket ini paling sering
digunakan sebagai editor rumus untuk dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan
dengan berbagai macam dokumen yang lain atau secara mandiri.
Menggunakan
MATG terdapat tiga cara utama untuk memasukan semua formula:
- Menulis
markup pada editor
- Klip
kanan editor rumus dan pilih simbol dari menu konteks
- Pilih
simbol dari toolbox selection
C.
KELEBIHAN OPEN OFFICE
Selain
itu, ooo juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft
Office. Kita akan membahas sepuluh
kelebihan
open office diantaranya :
1. Ketersediaan source code. OpenOffice.org
adalah free/open source software. Artinya, source code OpenOffice.org tersedia dan bisa
dimanfaatkan dengan sangat fleksibel
(sesuai
lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun
untuk membeli lisensi penggunaan. Pengguna tidak perlu mengeluarkan sedikit
uang untuk membeli buku
panduan atau media instalasi OpenOffice.org. ketersediaan source code juga
memiliki nilai tambah diantaranya kita tidak bergantung pada satu perusahaan
tertentu, siapa saja selama menuruti lisensi yang digunakan bisa mengembangkan
sendiri paket Office berbasis Open Office. Org bukan pekerjaan yang sederhana,
tapi kita bisa melakukannya.
2.
Berjalan pada banyak platform Microsoft
Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara,
OpenOffice.org berjalan pada Windows,
Macintosh,
Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan OpenOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak
pilihan sistem operasi.
3. Kompatibel
dengan Microsoft Office dan format office lainnya Dengan menggunakan OpenOffice.org, kita tetap
bisa membuka dan menyimpan
dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak hanya itu, OpenOffice.org
juga bisa membuka dan menyimpan dokumen
dari banyak paket office lain. Sebut saja WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Dengan menggunakan
OpenOffice.org, Anda bisa bekerja
dengan banyak format dokumen.
4. Format
OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
OpenOffice.org
2.x menggunakan format dokumen OpenDocument,
yang
sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format
OpenOffice.org.
5. Ekspor
ke PDF dan format lain dengan mudah
Dengan
menggunakan OpenOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain,
seperti PDF atau Flash dengan mudah,
tanpa
membutuhkan program atau pustaka tambahan.
6. Macro
dalam berbagai bahasa pemrograman
Macro
dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan OpenOffice.org, macro dapat
dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman
seperti Python dan Javascript, disamping OpenOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan
terus bertambah.
7. Akses
database yang luas dan transparan
OpenOffice.org
datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan
berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan
OpenOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia ini.
OpenOffice.org sejak versi 2.x bahkan
datang
dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.
8. Wizard
untuk konversi dokumen MS Office
Punya
satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word, Excel
atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan
ke format OpenOffice.org? Mudah. Cukup akses saja menu
File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa
dilakukan dengan mudah dan cepat.
9. Sangat customizeable. Ingin mengubah
sebagian besar user interface OpenOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya
ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti icon default?
Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan OpenOffice.org Anda dijamin
berbeda dengan pengguna
lain! Ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.
10. User
interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur
program OpenOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan
dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen
lain sangatlah konsisten. Kita bahkan
bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org.
D. DATA BASE MANAJEMENT
Data Base Manajement adalah sistem yang secara
khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini
dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas. Pada
pemberkasan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada
kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai,
setiap kali terdapat kebutuhan baru dari pemakai, kebutuhan segera
diterjemahkan kedalam program komputer, akibatnya kemungkinan besar setiap
program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data
yang sama juga terdapat pada berkas – berkas lain yang digunakan oleh program
aplikasi lain.
E. PENGEMBANGAN OPEN
OFFICE.ORG
Keberadaan program Open Office sendiri sebenarnya
sangat membantu kita sebagai pengguna sistem operasi windows, untuk mengurangi
faktor biaya dalam penggunaan komputer terutama para pengusaha yang ingin
usahanya aman dan amanah dalam menjalankan usahanya agar terhindar dari praktek
pembajakan software, dengan hanya membeli sistem operasi windows maka semua
biaya dapat kita tekan dengan tidak membeli semua software yang diperlukan
untuk kegiatan aktifitas bisnis. Penggunaan program Open Office seperti program
pengolah kata seperti Word, Excel, Powerpoint maupun data base sudah tersedia
dalam satu file master instalasi Open Office.Org, pengakuan tim Pengembang
Program Open Office.Org yaitu mampu menggantikan dan bersaing dengan Program
Microsoft Office 2007.
IV.
LANGKAH – LANGKAH INSTALASI OPEN OFFICE. ORG
1.
Klik 2x pada installer Open Office
2. Muncul user account control “do you want to allow the
following program to make changes tothis computer?” [ klik
“yes”
3.
Muncul installation
preparation seperti gambar di bawah klik “Next”
4. Select folder – memilih folder sebagai tempat instalasi open office, jika ingin
menyimpan kefolder lain klik browse lalu pilih folder yang diinginkan [ klik “unpack”
5.
Muncul Installation
wizard yang berfungsi untuk meng-instal komponen ke
computer. Klik “Next”
6. Customer Information,
mengisi nama user/pengguna dan memilih untuk siapa open office dapat
dijalankan. Ada 2 pilihan, all user dan hanya user/pengguna.nKlik “Next”
7. Setup type, untuk
memilih tipe penginstalan. Typical, semua komponen akan diinstal. Custom, bisa
memilih fitur-fitur yang ingin diinstal dan tempat penginstalannya. Klik “Next”
8. Langkah terakhir untuk memulai penginstalan. Centang
“create a start link on desktop untuk menampilkan open office di desktop. Klik
“Install”
9. Installation Wizard
Completed, penginstalan open office success Klik “Finish” dan Open office siap untuk dijalankan J
V.
TUGAS PRAKTIKUM
1. Jelaskan
proses apa saja yang bisa dilakukan dengan OpenOffice.org
Jawab
:
·
OpenOffice.org Writer
adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word
pada Microsoft Office, Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat,
buku, laporan, dll.
·
OpenOffice.org
Calc adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti
Microsoft Excell pada Microsoft Office.
· OpenOffice.org Impress adalah program untuk membuat
presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
· OpenOffice.org Draw adalah program untuk menggambar
dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll.
Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
· OpenOffice.org Math adalah program untuk menulis
formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada
Microsoft Office.
· OpenOffice.org Base adalah aplikasi untuk membuat
database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.
2. Buatlah
suatu file untuk masing-masing OpenOffice.org dan simpan dalam format PDF untuk OpenOffice.org
Writer
Jawab : Proses untuk meng-export ke pdf
pilih menu file, kemudian klik export to pdf, dan akan muncul pdf options, klik
export dan save.
3. Carilah
cara lain mengeluarkan Toolbars Drawing dan formating?
Jawab
: Klik View a Toolbars
a drawing
4. Bagaimanakah
caranya memidahkan suatu icon ?
Jawab : Klik kanan pada icon yang ingin dipindahkan,
kemudian klik tanda ( Ö ) yang ada disamping icon hingga tanda ( Ö ) hilang
5. Mengapa
speeling&grammar perlu di non aktifkan!
Jawab : Agar kata yang kita dapat
memasukkan kata atau kalimat sesuai dengan keingian kita, karena jika spelling
dan grammar diaktifkan kata yang kita masukkan akan di repair sesuai dengan
ejaan bahasa yang kita setting pada spelling&grammar.
6. Bagaimankah
caranya menonaktifkan speeling&grammar?
Jawab
: Klik Tool à language
à for all text à klik None (do not check spelling).
V. DAFTAR PUSTAKA
Noprianto,
Praktisi Linux dan Kontributor Majalah Info Linux
http://id.openoffice.org/
Komentar