I. TUJUAN
1. Praktikan
dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2. Praktikan
diharapkan mampu mengelompokkan dan membedakan hardware berdasarkan fungsinya.
3. Praktikan
diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsi
kerjanya
4. Praktikan
dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan macam-macam
bagiannya.
5. Praktikan
dapat membedakan tentang input device dan output device.
6. Praktikan
dapat merakit komputer.
7.
Praktikan dapat menggunakan internet
secara efektif .
8.
Praktikan dapat mengatasi
permasalahan umum komputer.
9.
Praktikan dapat
meng-upgrade sistem.
10.
Praktikan dapat
melindungi komputer dari berbagai serangan.
11. Praktikan dapat meningkatkan karier.
II. TEORI
A.
PENGERTIAN
KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan
berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer dalam bahasa Yunani berarti computare
yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah
alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Pengertian komputer secara
bendawinya adalah sebuah alat elektronik yang mampu untuk melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun
gambar yang menghasilkan output yang kita mau.
Pengertian lain dari komputer adalah
mesin berhitung elektronik yang dapat diprogram. Secara umum pengertian
komputer secara umum adalah peralatan elektronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa
gambar, teks, suara maupun video.
Pengertian Komputer
menurut DINUS adalah serangkaian
ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan
komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan
teliti yang kemudian dapat dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan
kepada komputer Pengertian yang ada memberi arti bahwa komputer mempunyai 2
atau lebih yang saling bekerja sama dan bagian bagian tersebut hanya mampu
bekerja apabila terdapat aliran listrik yang mengalir pada komputer.
Pengertian Komputer
berdasarkan Wikipedia adalah alat
yang digunakan dalam mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan.
Pengertian Komputer Menurut
Robert H. Blissmer Komputer adalah suatu alat elektronik yang mempunyai
kemampuan melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk
informasi.
Pengertian komputer menurut Sanderes adalah sistem elektronik yang
memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan
diatur agar secara otomatis menerima dan menyimpan data yang dimasukkan
(input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem
operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah instruksi program. Output
tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan.
Pengertian komputer menurut Wiliam dan Sawyer Komputer
ialah mesin multiguna yang dapat diprogram, menerima masukan data dan melakukan
proses ataupun memanipulasi ke dalam bentuk informasi sehingga dapat kita
gunakan.
Pengertian komputer menurut Elias M. Awad bahwa
komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses data sehingga dapat
diperlihatkan dalam bentuk data digital dan data analog.
Pengertian Komputer menurut Wiliam M.Fuori adalah
suatu alat yang melakukan proses terhadap data yang dapat secara cepat
melakukan perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmetika, operasi logika
tanpa adanya campur tangan manusia.
Berkembangnya komputer memunculkan beberapa istilah seperti perangkat keras
komputer atau hardware, perangkat lunak komputer (program/software) serta
pengguna komputer atau brainware.
B.
SEJARAH
KOMPUTER
Setelah
beberapa pengertian komputer menurut para ahli dipaparkan diatas, marilah kita
simak tentang sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi
yaitu:
- Generasi
pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun
1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3
yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Kemudian
Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia
Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.
Komputer Colossus
Komputer
Harvar IBM Mark 1
Di Amerika, Howard H.Aiken membuat
sebuah kalkulator elektronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar
yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola.
Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence
Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini
masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang
merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan
Universitas Pennsylvania. Komputer
ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5
juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki
mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk
menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John
W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.
Komputer ENIAC
Intinya, sejarah komputer pada
generasi pertama dibuat untuk melaksanakan tugas tugas tertentu. Ciri komputer
generasi pertama adalah belum seragamnya bahasa mesin yang digunakan serta
penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder
magnetik sebagai penyimpanan data.
Komputer IBM
1401
- Perkembangan
komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang
berukuran kecil. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956.
Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menjadikan komputer lebih kecil,
cepat, dapat diandalkan serta lebih hemat energi dibanding komputer pada
generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah menggunakan bahasa
assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan
kode biner. Komputer pada generasi ini juga memiliki komponen komponen tambahan
seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu
komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401. (Apa pengertian Ahli)
Penggunaan komputer pada tahun 1965 ini didominasi dalam proses informasi
keuangan.
- Sejarah
komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958) setelah ditemukannya
Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang
ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan
tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari
pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat sebuah chip yang merupakan
gabungan dari IC. Hal ini membuat komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil,
lebih hemat energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi membuat komputer
lebih mampu menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan.
- Komputer
berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale
Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI
(Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari berbagai
jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk membuat komputer lebih kecil,
lebih murah, lebih efisien, lebih hemat daya dan menjadikan komputer lebih
handal.CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ini yaitu Chip Intel 4004
pada tahun 1971.Chip pada komputer kemudian digantikan oleh mikroprosesor
yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam
penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh
IBM pada tahun 1981. perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat
ini adalah IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer
seperti Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan
golongan komputer generasi keempat dsb. Perkembangan
komputer pada generasi keempat terus berkembang hingga muncul berbagai
bentuk komputer seperti dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya.
- Sejarah komputer berhenti
pada generasi kelima. Perkembangan komputer pada generasi ini dipusatkan pada
pengembangan kecerdasan buatan atau komputer yang dapat berpikir sendiri dan
mampu berinteraksi serta berkomunikasi dengan manusia serta mempunyai pemahaman
terhadap keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman. Komputer pada generasi
ini masih dalam tahap pengembangan.
C. MANFAAT
KOMPUTER
Komputer memiliki manfaat yang sangat besar sehingga untuk mempermudah menjelaskan
tentang manfaat komputer adalah dengan membagi berdasarkan jenis - jenis komputer yaitu:
1. Komputer
Server
Komputer
server memiliki manfaat sebagai pengontrol aliran data yang masuk dan keluar
dari berbagai komputer dalam jaringan yang ada. Sehingga komputer jenis ini
memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem jaringan. Komputer jenis ini
harus mampu aktif dalam waktu yang lama serta memiliki kapasitas yang jauh
lebih besar dari komputer lain yang berada dalam jaringan tersebut.
2. Komputer
Personal (PC)
Ini
merupakan jenis komputer yang memiliki segudang lebih manfaat. Tergantung dari
penggunanya, komputer jenis ini memiliki kemampuan yang memang jauh lebih
rendah dari komputer server akan tetapi fungsi dan manfaat dari komputer ini
juga tergantung dari kemampuan pengguna atau brainware.
D. SISTEM
KOMPUTER
Sistem berasal
dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan
yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan
aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item penggerak.
Sistem
Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat Lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut
merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika
tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut
jika tidak ada Softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit
Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil
(secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
"bus".
Tujuan
pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi
sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah
manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti
apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak
dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
E. STRUKTUR KOMPUTER
Struktur
komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait.
Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok
pada gambar berikut ini.
Gambar Struktur komputer
Bagian
CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board.
Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu:
1. CPU ( Central
Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM dan ROM
)
3. Input / Output
Sedangkan
fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing - masing komponen sebagai
bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing – masing komponen dalam
struktur di atas adalah sebagai berikut:
- Input
Device (Alat Masukan) perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
- Output
Device (Alat Keluaran)nperangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
- I/O
Ports bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
- CPU
(Central Processing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian
fungsi operasional, yaitu:
- ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
- CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
- Memori
berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang
tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
- Data
Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus
ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
- Address
Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
-
Control Bus digunakan untuk mengontrol
penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10
jalur paralel.
F.
KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
Komponen – komponen dalam sistem
komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat
yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Jenis
– Jenis Hardware
- Processing
Device (CPU)
CPU
( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasidengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
- Input
Device
Input
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
1.
Keyboard
2. Pointing Device
3.
Mouse
4.
Touch screen
5.
Digitizer Grapich Tablet
6.
Scanner
7.
Microphone
- Output
Device
Output
Device adalah perangkat keras komputer yang erfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke ertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. alatnya antara lain adalah :
1.
Monitor
2.
Printer
3.
Speaker
- Storage
Device
Register
CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU
harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal
Storage.
Adalah
media penyimpanan yang terdapat didalam komputer
Jenis – Jenis Internal
Storage yaitu :
- RAM ( Random
Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis,
diambil, atau dihapus isinya ).
Struktur RAM terbagi
menjadi empat bagian utama, yaitu:
-
Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
-Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program
yang akan diakses.
- Working Storage Digunakan untuk menyimpan
data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
-
Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang
akan ditampilkan ke alat output.
- ROM
( Read Only Memori ) Memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh
pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti
program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem
komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau
warm booting.
Untuk merubah isi ROM,
dengan
Cara
memprogram kembali, jenis – jenis ROM yaitu :
1. PROM
(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat
diprogram satu kali.
2. EPROM
(Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet,
dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3. EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus
secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External
Storage
Perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di
luar komponen utama, jenis – jenis External Storage yaitu :
a.
Floppy Disk
b.
Hard Disk
c.
CD Room
d.
DVD
2.
Software ( Perangkat Lunak )
Serangkaian prosedure dan dokumentasi
program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki, merupakan data
elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah maupun catatan – catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan
perintah yang dijalankannya.
Jenis – Jenis Software
a. Operating
System
Sistem
Operasi atau Operating System adalah program dasar pada komputer yang
mengubungkan pengguna dengan hardware.
Macam
- macam System Operasi
- Linux
-
Windows
-
Mac OS
b.
Application Program
yakni Program Komputer
yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai, program paket yang
digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus bidang
industri,aplikasi untuk meningkatkan produktivitas organisasi atau perusahaan
dan aplikasi untuk produktifitas perorangan,contohnya :
-
Microsoft Word
-
Microsoft Excel
-
Corel Draw X4
c. Language Program
Languange
Program atau Bahasa Program adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk
berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman, seperti
bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi – instruksi program
untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
-
Visual Basic
-
Turbo Pascal
-
Delphi
3. Brainware
Brainware
adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.
Praktikum
A. PERAKITAN
Tahapan proses pada
perakitan komputer terdiri dari:
1. Penyiapan
motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul
Memori
5. memasang Motherboard
pada Casing
6. Memasang Power
Supply
7. Memasang Kabel
Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card
Adapter
10. Penyelesaian Akhir
1. Penyiapan
motherboard
Periksa
buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU
speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper
sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.
2. Memasang Prosessor
Prosessor
lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang
prosessor jenis socket dan slot berbeda.
Jenis socket
1.Tentukan
posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya
terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas
pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan
lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket.
rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali
tuas pengunci.
Jenis Slot
1.
Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi
lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada
lubang pasak
3. Selipkan card prosessor di antara kedua
penahan dan tekan hingga tepat
masuk ke lubang slot.
3. Memasang Heatsink
Fungsi
heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi
panas dari prosessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka
heatsink harus dipasang rapat
pada bagian atas
prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink
dilapisi gen penghantar panas. Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka
konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.
4. Memasang Modul
Memori
Modul
memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat
dari diagram motherboard.
Setiap jenis modul
memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada
sisi dan bawah pada modul.
Cara memasang untuk
tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
1. Sesuaikan posisi
lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul
dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul
tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan
otomatis mengunci
modul.
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul
DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena
ada dua lekukan sebagai panduan.
Perbedaanya DIMM dan
RIMM pada posisi lekukan
1. Rebahkan kait
pengunci pada ujung slot
2.
sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot lalu masukkan modul ke slot.
3.
Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat
terpasang.
5. Memasang Motherboard
pada Casing
Motherboard dipasang ke
casing dengan sekerup dan dudukan
(standoff).
Cara pemasangannya
sebagai berikut:
1.
Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk
dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2.
Pasang dudukan logam atau plastik pada
tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada
motherboard.
3.
Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari
lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada
motherboard jika ada.
5.
Pasang tray casing yang sudah terpasang
motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
6.
Memasang Power Supply
Beberapa
jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan
maka cara pemasangannya sebagai berikut:
1. Masukkan power
supply pada rak
di bagian belakang
casing. Pasang
ke empat buah sekerup
pengunci.
2. Hubungkan konektor
power dari
power supply ke
motherboard.
Konektor power jenis
ATX hanya
memiliki satu cara
pemasangan
sehingga tidak akan
terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua
konektor yang terpisah
maka kabel-kabel ground warna hitam
harus ditempatkan
bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari
konektor power
motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan,
jika memakai fan untuk
pendingin CPU.
7. Memasang Kabel
Motherboard dan Casing
Setelah
motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O
pada motherboard dan panel dengan casing.
1.
Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2.
Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE
primary dan secondary pada motherboard.
3.
Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di
motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang
casing terdapat lubang untuk memasang port
tambahan jenis non
slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port
konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5.
Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse
harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel
konektor dari switch di panel depan casing, LED,
speaker internal dan port
yang terpasang di depan casing bila ada ke
motherboard. Periksa
diagram motherboard untuk mencari lokasi
konektor yang tepat.
8. Memasang Drive
Prosedur
memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau
DVD
adalah sama sebagai berikut:
1.
Copot pellet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing).
2.
Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper
(sebagai master atau slave) pada drive.
3.
Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive
dan casing lalu pasang sekerup
penahan drive.
4.
Hubungkan konektor kabel IDE ke drive
dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5.
Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6.
Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya
yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE
secondary pada motherboard dapat dipakai untuk
menghubungkan dua drive
tambahan.
8. Floppy drive
dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
9. Sambungkan kabel
power dari catu daya ke masing-masing drive.
9. Memasang Card
Adapter
Card
adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI
adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya.
Cara memasang adapter:
1.
Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian
elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di
motherboard
2. Pasang sekerup
penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel
internal pada card, bila ada.
10. Penyelessaian Akhir
1. Pasang penutup
casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel
dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor
monitor ke port video card.
4. Pasang konektor
kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor
kabel keyboard dan konektor mouse ke port
mouse atau poert serial
(tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti
eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan
microphone bila ada ke
port yang sesuai. Periksa manual dari card
adapter untuk
memastikan lokasi port.
B. PENGUJIAN
Komputer
yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan
program setup BIOS.
Cara melakukan pengujian dengan program BIOS
sebagai berikut:
1.
Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari
speaker.
2.
Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang
dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker
mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa
referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode
beep.
3.
Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari
program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk
ke program setup BIOS.
4.
Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting
mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5.
Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS. Setelah keluar dari setup
BIOS, komputer akan meload Sistem Operasi dengan urutan pencarian sesuai seting
boot sequence pada BIOS. Masukkan
diskette atau CD
Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
C. PENANGANAN MASALAH
Permasalahan
yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
1.
Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau
kabel daya belum terhubung.
2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan
oleh pemasangan card
belum pas ke slot/LED
dari hardisk, floppy atau CD menyala terus
disebabkan kesalahan
pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung
D.
TUGAS
PRAKTIKUM
1.
Jelaskan dan lakukan langkah-langkah
atau proses instalasi Linux dari awal sampai selesai!
Jawab : Langkah pertama
sebelum menginstal Linux adalah mencatat semua informasi yang berhubungan
dengan computer yang akan di install.
a. Spesifikasi
Hardware
Berikut ini spesifikasi
hardware minimal untuk menginstal Ubuntu:
o
Prosesor Pentium I 200 MHz, disarankan
minimal Pentium III atau yang setara.
o
RAM 128 MB, disarankan minimal 256 MB.
o
Harddisk kosong 1 GB untuk sistem dan
swap, disarankan minimal 3 GB. Instalasi semua paket akan mencapai lebih dari 9
GB.
o
VGA dengan memori 1 MB
o
Monitor dengan resolusi 800 x 600.
b. Membuat
Boot Disk Windows
Disk Windows diperlukan
jika proses instalasi dilakukan pada komputer yang sudah ada OS lain, misalnya
XP. Data yang ada akan diamankan atau ingin memiliki dual boot system, Linux
dan windows. Juka Windows belum ada, sementara dua-duanya diinginkan, maka
Windows harus di instal lebih dulu, kemudian Linux.
Salah satu data penting
di Windows adalah isi master boot record (MBR)
di harddisk. MBR
sebaiknya di-backup, untuk jaga-jaga apabila ingin mengakses windows setelah
menginstal linux.
c. Menyimpan
data ke harddisk lain atau ke CD/DVD-R/RW
d. Memanfaatkan
CD-1 untuk mem-backup
2.
Mengenal
Arsitektur Komputer
Tulis
daftar singkatan komponen sesuai gambar arsitektur PC dibawah:
GPU
= GRAPHICS PRECESSING UNIT
AGP
= ACCLERERATED GRAPICS PORT
HDD
= HARD DISK DRIVE
FDD
= FLASD DISK DRIVE
FSB
= FRONT SIDE BUS
USB
= UNIVERSAL SERIAL BUS
PCI
= PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT
RTC
= ROUND TABLE CONFERENCE
PATA
PORTLAND AREA THEATER ALIANCE
SATA
= SERIAL ADVENCED TECHNOLOGY ATTACHMENT
ISA
= INSTRUCTION SET ARCHITECTURE
IDE
= INDUSTRI MODEN
MCA
= MICRO CHANEL ARCHITECTURE
PS/2
= PORT SERIAL 2
3. Hardware
pada sistem komputer terbagi atas 3 bagian utama, yaitu :
1. Input Unit
2. Processing Unit
3. Output Unit
Sebutkan jenis
perangkat input unit tersebut!
Sebutkan 3 Komponen
Utama Processing Unit dan jelaskan masing-masing fungsi utama 3 komponen utama
Processing unit tersebut!
Sebutkan jenis
perangkat output unit tersebut dan jelaskan!
Jawab :
a. Jenis
Perangkat Input Unut :
ü Keyboard
Keyboard merupakan perangkat masukan yang menyerupai mesin ketik dan
berfungsi untuk memasukan data berupa teks (huruf, angka, tanda baca, dan
karakter)
ü Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk (screen pointing device) pada komputer.
Selain itu mouse juga digunakan untuk memilih ikon-ikon dalam menjalankan
perintah-perintah. Dua macam
mouse yaitu mouse ball dan mouse optical. Mouse ball menggunakan bola sebagai
penggeraknya. Sedangkan mouse optical menggunakan sensor optik berupa cahaya
merah sebagai penggeraknya.
ü Trackball
Trackball merupakan perankat keras yang fungsinya hampir sama dengan mouse,
namun di atasnya terdapat sebuah bola yang penggunaannya digerakan dengan jari.
ü Light pen
Light pen merupakan perangkat masukan yang mempunyai bentuk secara fisik
menyerupai pena. Cara penggunaannya adalah dengan menuliskan langsung pada pad
khusus atau pada layar.
ü Joystick
Joystick merupakan perangkat masukan untuk game dalam komputer yang
bentuknya berupa tombol dan sebuah tuas untuk mengendalikan gerakan objek pada
monitor.
b.
3 (tiga) komponen utama processing unit
a. Motherboard
Adalah papan utama untuk meletakan berbagai
komponen komponen Komputer seperti processor, ram, port dan lain-lain.
Fungsinya :
-
untuk meletakkan komponen yang berfungsi
di computer
-
untuk tempat komponen elektronik saling
melakukan hubungan seperti pada PC atau Macintosh
b.
Processor
Adalah pusat atau otak dari komputer
-
Untuk menentukan kecepatan performa dari
sebuah komputer
c. Memory/RAM
Semua data dan program yang dimasukan
lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory khususnya di ram.
Ram merupakan memory yang dapat diakses. Yaitu dapat diisi dan diambil
isinya oleh programmer
4. Menjelaskan cara kerja masing-masing
komponen PC Pilih salah satu komponen yang terdapat pada komputer anda, dan
jelaskan mekanisme kerja komponen tersebut, Bandingkan kinerja tersebut dengan komponen
sejenis yang berfungsi sama dengan spesifikasi yang berbeda! (Tidak boleh sama
dengan teman lain satu jurusan yang mengambil mata kuliah hardware software).
Jawab
:
5. Memori dapat dibedakan menjadi dua
bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Sebutkan dan jelaskan
tentang kedua jenis memori tersebut!
Jawab
: memori internal adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer
sedangkan
Memori eksternal adalah Perangkat
keras yang digunakan untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan &
penyimpanan data, di luar komponen utama.
6.
Jelaskan tentang register!
Jawab : Register merupakan
sebagian memori dari mikroprosesor yang dapat diakses dengan kecepatan yang
sangat tinggi. Dalam melakukan pekerjaannya mikroprosesor selalu menggunakan
register-register sebagai perantaranya, jadi register dapat diibaratkan sebagai
kaki dan tangannya mikroprosesor
7.
Jelaskan tentang processor dan bagaimana
perkembangannya!
Jawab : processor adalah komponen berupa
chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses
kinerja komputer, dengan dibantu oleh komponen lainnya
Sejarah Perkembangan Microprocessor
Intel Processor
1971
: 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor
4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka
terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972
: 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan
2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
1974
: 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama
Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978
: 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer
terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai processor 8088
yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982
: 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286
adalah sebuah processor
yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor
sebelumnya.
1985
: Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah processor yang memiliki 275.000
transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan
4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989
: Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor
yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command
menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika
sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993
: Intel® Pentium® Processor
Processor
generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi,
tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor
yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk
memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997
: Intel® Pentium® II Processor
Processor
Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang
secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien.
Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini
pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih
baik.
1998
: Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor
yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi
strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar
tertentu.
1999
: Intel® Celeron® Processor
Processor
Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang
ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang
lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan
budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki
bentuk dan fromfactor
yang sama dengan processor
Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih
sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan
harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor
Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran
tertentu.
1999
: Intel® Pentium® III Processor
Processor
Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang
secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming,
dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999
: Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan
workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang
mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat
mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga
mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk
dipadukan dengan processor
lain yang sejenis.
2000
: Intel® Pentium® 4 Processor
Processor
Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus
kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan
1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah fromfactor processor
Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4
berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus
kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001
: Intel® Xeon® Processor
Processor
Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk
berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin
lebih banyak dari processor
Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001
: Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis
64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai
tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar
berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s
Explicitly
Parallel Instruction Computing
( EPIC ).
2002
: Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga
Itanium.
2003
: Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah
komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan
pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004
: Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855
dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor
dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk
dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory,
and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang
ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih
dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz
frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005
: Intel Pentium D 820/830/840
Processor
berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan
konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada
frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga
disertakan dukungan HyperThreading.
2006
: Intel Core 2 Quad Q6600
Processor
untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari
komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan
8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ),
1.06GHz Front-side bus dan thermal design power ( TDP )
2006
: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor
yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing
memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache (
dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan
thermal design power (TDP).
2008
: Intel i7
Processor
ini mempunyai code name Nehalem. Pada awalnya penggantian nama baru i7
membuat pelanggan setia intel cukup sulit mengingatnya. Beberapa keunggulan
dari processor intel terbaru ini adalah:
1. Memiliki
performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
2. FSB (Front Side Bus) digantikan
dengan QuickPath Interface.
3. Memory Controller ada dalam
processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan
teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor.
4. Support Three Channel Memory ,
tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard
yang mendukung processor ini ada 6 slot. – Processor Core i7
sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
5. Core i7 menggunakan single-die
device : core (inti processor), memory controller, dan cache
berada dalam satu die.
6. Menggunakan tipe socket baru yaitu
Socket B (Socket LGA 1366)
Selain
hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan
kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam
generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi
Hyper-Threading ini dalam sistem operasi ( Windows,Linux, dll) seolah –
olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem
operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core. Processor i7
mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad
Processor.
8.
Jelaskan tentang motherboard!
Jawab : Motherboard
adalah papan
utama untuk meletakan berbagai komponen komponen Komputer seperti processor,
ram, port dan lain-lain.
9.
Sebutkan persiapan dalam merakit
komputer!
Jawab : 1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul
Memori
5. memasang Motherboard
pada Casing
6. Memasang Power
Supply
7. Memasang Kabel
Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card
Adapter
10. Penyelesaian Akhir
10.
Sebutkan penyebab troubleshooting
komputer dan cara mengatasinya!
Jawab
: Permasalahan yang umum terjadi dalam
perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
1.
Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau
kabel daya belum terhubung.
2.
Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke
slot/LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan
pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung
VI.
DAFTAR PUSTAKA
2. Ivan
Suderman, Perkembangan Hardware Komputer, ivan@wiraekabhakti.co.id
3. Rachmad
Fajar, Pengertian Komputer dan Sistem
Komputer
Komentar