sistem bilangan

Gambar
                                                                    SISTEM BILANGAN Sistem Bilangan adalah kumpulan simbol khusus yang digunakan dalam membangun sebua bilangan. Sistem bilangan yang umum dipakai manusia adalah Desimal yang terdiri dari sepuluh simbol yaitu 0 s/d 9. Sistem bilangan desimal biasanya disebut sistem bilangan berbasis 10. Penulisan basis sistem bilangan biasanya diakhir bilangan berupa angka yang diperkecil / subscrip,akan tetapi biasanya untuk sistem bilangan desimal tidak dituliskan. A. SISTEM BILANGAN DI KOMPUTER Sistem bilangan yang digunakan dalam komputer adalah : 1. Sistem Bilangan Biner 2. Sistem Bilangan Oktal ...

HARDWARE

I.  TUJUAN
1.    Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2. Praktikan diharapkan mampu mengelompokkan dan membedakan hardware berdasarkan fungsinya.
3.    Praktikan diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis hardware berdasarkan fungsi kerjanya
4. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan macam-macam bagiannya.
5.    Praktikan dapat membedakan tentang input device dan output device.
6.    Praktikan dapat merakit komputer.
7.    Praktikan dapat menggunakan internet secara efektif .
8.    Praktikan dapat mengatasi permasalahan umum komputer.
9.    Praktikan dapat meng-upgrade sistem.
10.  Praktikan dapat melindungi komputer dari berbagai serangan.
11.  Praktikan dapat meningkatkan karier.


II.   TEORI
            A.      PENGERTIAN KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer dalam bahasa Yunani berarti computare yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa  adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Pengertian komputer secara bendawinya adalah sebuah alat elektronik yang mampu untuk  melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau.
Pengertian lain dari komputer adalah mesin berhitung elektronik yang dapat diprogram. Secara umum pengertian komputer secara umum adalah peralatan elektronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa gambar, teks,  suara maupun video.
Pengertian Komputer menurut DINUS adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti yang kemudian dapat dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepada komputer Pengertian yang ada memberi arti bahwa komputer mempunyai 2 atau lebih yang saling bekerja sama dan bagian bagian tersebut hanya mampu bekerja apabila terdapat aliran listrik yang mengalir pada komputer.
Pengertian Komputer berdasarkan Wikipedia adalah alat yang digunakan dalam mengolah data  berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan.
Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer Komputer adalah suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. 
Pengertian komputer menurut Sanderes adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur agar secara otomatis menerima dan menyimpan data yang dimasukkan (input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah instruksi program. Output tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan. 
Pengertian komputer menurut Wiliam dan Sawyer Komputer ialah mesin multiguna yang dapat diprogram, menerima masukan data dan melakukan proses ataupun memanipulasi ke dalam bentuk informasi sehingga dapat kita gunakan.
Pengertian komputer menurut Elias M. Awad bahwa komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses data sehingga dapat diperlihatkan dalam bentuk data digital dan data analog. 
Pengertian Komputer menurut Wiliam M.Fuori adalah suatu alat yang melakukan proses terhadap data yang dapat secara cepat melakukan perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmetika, operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia. 
Berkembangnya komputer memunculkan beberapa istilah seperti perangkat keras komputer atau hardware, perangkat lunak komputer (program/software) serta pengguna komputer atau brainware.

            B.      SEJARAH KOMPUTER
Setelah beberapa pengertian komputer menurut para ahli dipaparkan diatas, marilah kita simak tentang sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi yaitu:
-  Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.
   
                     
                                                                   Komputer Colossus                


                                                          Komputer Harvar IBM Mark 1
Di Amerika, Howard H.Aiken membuat sebuah kalkulator elektronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.
  
 

                                                                  Komputer ENIAC
Intinya, sejarah komputer pada generasi pertama dibuat untuk melaksanakan tugas tugas tertentu. Ciri komputer generasi pertama adalah belum seragamnya bahasa mesin yang digunakan serta penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder magnetik sebagai penyimpanan data.
 

                                                                 Komputer IBM 1401
- Perkembangan komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang berukuran kecil. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menjadikan komputer lebih kecil, cepat, dapat diandalkan serta lebih hemat energi dibanding komputer pada generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah menggunakan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan kode biner. Komputer pada generasi ini juga memiliki komponen komponen tambahan seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401. (Apa pengertian Ahli) Penggunaan komputer pada tahun 1965 ini didominasi dalam proses informasi keuangan.
- Sejarah komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958) setelah ditemukannya Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat sebuah chip yang merupakan gabungan dari IC. Hal ini membuat komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil, lebih hemat energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi membuat komputer lebih mampu menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan.
- Komputer berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI (Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari berbagai jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk membuat komputer lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih hemat daya dan menjadikan komputer lebih handal.CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ini yaitu Chip Intel 4004 pada tahun 1971.Chip pada komputer  kemudian digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1981. perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat ini adalah IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer seperti Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan golongan komputer generasi keempat dsb. Perkembangan komputer pada generasi keempat terus berkembang hingga muncul berbagai bentuk komputer seperti dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya. 
- Sejarah komputer berhenti pada generasi kelima. Perkembangan komputer pada generasi ini dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan atau komputer yang dapat berpikir sendiri dan mampu berinteraksi serta berkomunikasi dengan manusia serta mempunyai pemahaman terhadap keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman. Komputer pada generasi ini masih dalam tahap pengembangan.


       C.       MANFAAT KOMPUTER
Komputer memiliki manfaat yang sangat besar sehingga untuk mempermudah menjelaskan tentang manfaat komputer adalah dengan membagi berdasarkan jenis -  jenis komputer yaitu:
         1. Komputer Server 
Komputer server memiliki manfaat sebagai pengontrol aliran data yang masuk dan keluar dari berbagai komputer dalam jaringan yang ada. Sehingga komputer jenis ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem jaringan. Komputer jenis ini harus mampu aktif dalam waktu yang lama serta memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari komputer lain yang berada dalam jaringan tersebut.
         2. Komputer Personal (PC)
Ini merupakan jenis komputer yang memiliki segudang lebih manfaat. Tergantung dari penggunanya, komputer jenis ini memiliki kemampuan yang memang jauh lebih rendah dari komputer server akan tetapi fungsi dan manfaat dari komputer ini juga tergantung dari kemampuan pengguna atau brainware.
     D.       SISTEM KOMPUTER
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang      terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan                menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat Lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).  Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah  apa komputer tersebut jika tidak ada Softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

           E.       STRUKTUR KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok pada gambar berikut ini.



                                                                Gambar Struktur komputer

Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu:

1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM dan ROM )
3. Input / Output

Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing - masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing – masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
-       Input Device (Alat Masukan) perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
-       Output Device (Alat Keluaran)nperangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
-       I/O Ports bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
-       CPU (Central Processing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
  •    ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
  •    CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
-       Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
-       Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
-       Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan  alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
-       Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

                F.       KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
                           Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.        Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Jenis – Jenis Hardware
- Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasidengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. 

Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
1.    Keyboard
2.    Pointing Device 
3.    Mouse 
4.    Touch screen
5.    Digitizer Grapich Tablet
6.    Scanner
7.    Microphone
Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang erfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. alatnya antara lain adalah :
1.    Monitor
2.    Printer 
3.    Speaker
Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1.      Internal Storage.
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer
Jenis – Jenis Internal Storage yaitu :
-  RAM ( Random Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ).
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
- Input Storage Digunakan untuk menampung input yang   dimasukkan melalui alat input.
-Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
-  Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
- ROM ( Read Only Memori ) Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa  cold booting atau  warm booting.
Untuk merubah isi ROM, dengan Cara memprogram kembali, jenis – jenis ROM yaitu :
1.      PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
2.    EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3.   EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),  dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2.      External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, jenis – jenis External Storage yaitu :
a.        Floppy Disk
b.        Hard Disk
c.        CD Room
d.       DVD 

2.    Software ( Perangkat Lunak )  
Serangkaian prosedure dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki, merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah maupun catatan – catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Jenis – Jenis Software
a.     Operating System
Sistem Operasi atau Operating System adalah program dasar pada komputer yang mengubungkan pengguna dengan hardware.
Macam - macam System Operasi
- Linux
- Windows
- Mac OS

b.        Application Program
yakni Program Komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai, program paket yang digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus bidang industri,aplikasi untuk meningkatkan produktivitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan,contohnya :
            - Microsoft Word
            - Microsoft Excel
            - Corel Draw X4 
c.  Language Program
          Languange Program atau Bahasa Program adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman, seperti bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi – instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
            - Visual Basic
            - Turbo Pascal
            - Delphi
3.    Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.

Praktikum
A. PERAKITAN
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

1. Penyiapan motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.

2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.

Jenis socket
1.Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali tuas pengunci.
 

   
Jenis Slot
1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2.  Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
3.  Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat
masuk ke lubang slot.
 

  
3. Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat
pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas. Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.


  
4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket  terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.
Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.
 


 Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan
otomatis mengunci modul.

  

  
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan.
Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada  slot lalu masukkan modul ke slot.
3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
 


  
5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan
(standoff).
  
Cara pemasangannya sebagai berikut:
1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2.  Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4.  Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
5.  Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.


  

6. Memasang Power Supply
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Masukkan power supply pada rak
di bagian belakang casing. Pasang
ke empat buah sekerup pengunci.
2. Hubungkan konektor power dari
power supply ke motherboard.
Konektor power jenis ATX hanya
memiliki satu cara pemasangan
sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua
konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam
harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari
konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan,
jika memakai fan untuk pendingin CPU.

7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.
1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2.  Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port
tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED,
speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke
motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi
konektor yang tepat.
 



 8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau
DVD adalah sama sebagai berikut:

1. Copot pellet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing).
2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
3.  Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup
penahan drive.
4. Hubungkan konektor kabel IDE ke  drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk
menghubungkan dua drive tambahan.
8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
9. Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.
  
9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya.
Cara memasang adapter:
1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
2. Pasang sekerup penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.



  
10. Penyelessaian Akhir
1. Pasang penutup casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor monitor ke port video card.
4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port
mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan
microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card
adapter untuk memastikan lokasi port.

B. PENGUJIAN
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan
program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS
sebagai berikut:
1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS. Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem Operasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan
diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.




C. PENANGANAN MASALAH
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
2.  Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card
belum pas ke slot/LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus
disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung


D. TUGAS PRAKTIKUM
1.         Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi Linux dari awal sampai selesai!
Jawab : Langkah pertama sebelum menginstal Linux adalah mencatat semua informasi yang berhubungan dengan computer yang akan di install.
a.    Spesifikasi Hardware
Berikut ini spesifikasi hardware minimal untuk menginstal Ubuntu:
o  Prosesor Pentium I 200 MHz, disarankan minimal Pentium III atau yang setara.
o  RAM 128 MB, disarankan minimal 256 MB.
o  Harddisk kosong 1 GB untuk sistem dan swap, disarankan minimal 3 GB. Instalasi semua paket akan mencapai lebih dari 9 GB.
o  VGA dengan memori 1 MB
o  Monitor dengan resolusi 800 x 600.

b.    Membuat Boot Disk Windows
Disk Windows diperlukan jika proses instalasi dilakukan pada komputer yang sudah ada OS lain, misalnya XP. Data yang ada akan diamankan atau ingin memiliki dual boot system, Linux dan windows. Juka Windows belum ada, sementara dua-duanya diinginkan, maka Windows harus di instal lebih dulu, kemudian Linux.
Salah satu data penting di Windows adalah isi master boot record (MBR)
di harddisk. MBR sebaiknya di-backup, untuk jaga-jaga apabila ingin mengakses windows setelah menginstal linux.
c.     Menyimpan data ke harddisk lain atau ke CD/DVD-R/RW
d.    Memanfaatkan CD-1 untuk mem-backup

2.         Mengenal Arsitektur Komputer
Tulis daftar singkatan komponen sesuai gambar arsitektur PC dibawah:
GPU = GRAPHICS PRECESSING UNIT
AGP = ACCLERERATED GRAPICS PORT
HDD = HARD DISK DRIVE
FDD = FLASD DISK DRIVE
FSB = FRONT SIDE BUS
USB = UNIVERSAL SERIAL BUS
PCI = PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT
RTC = ROUND TABLE CONFERENCE
PATA PORTLAND AREA THEATER ALIANCE
SATA = SERIAL ADVENCED TECHNOLOGY ATTACHMENT
ISA = INSTRUCTION SET ARCHITECTURE
IDE = INDUSTRI MODEN
MCA = MICRO CHANEL ARCHITECTURE
PS/2 = PORT SERIAL 2


3.       Hardware pada sistem komputer terbagi atas 3 bagian utama, yaitu :
1. Input Unit
2. Processing Unit
3. Output Unit
Sebutkan jenis perangkat input unit tersebut!
Sebutkan 3 Komponen Utama Processing Unit dan jelaskan masing-masing fungsi utama 3 komponen utama Processing unit tersebut!
Sebutkan jenis perangkat output unit tersebut dan jelaskan!
Jawab :
a.       Jenis Perangkat Input Unut :
ü  Keyboard
Keyboard merupakan perangkat masukan yang menyerupai mesin  ketik dan berfungsi untuk memasukan data berupa teks (huruf, angka, tanda baca, dan karakter)
ü  Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk (screen pointing device) pada komputer. Selain itu mouse juga digunakan untuk memilih ikon-ikon dalam menjalankan perintah-perintah. Dua macam mouse yaitu mouse ball dan mouse optical. Mouse ball menggunakan bola sebagai penggeraknya. Sedangkan mouse optical menggunakan sensor optik berupa cahaya merah sebagai penggeraknya.
ü  Trackball
Trackball merupakan perankat keras yang fungsinya hampir sama dengan mouse, namun di atasnya terdapat sebuah bola yang penggunaannya digerakan dengan jari.
ü  Light pen
Light pen merupakan perangkat masukan yang mempunyai bentuk secara fisik menyerupai pena. Cara penggunaannya adalah dengan menuliskan langsung pada pad khusus atau pada layar. 
ü  Joystick 
Joystick merupakan perangkat masukan untuk game dalam komputer yang bentuknya berupa tombol dan sebuah tuas untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor.
b.      3 (tiga) komponen utama processing unit
a.  Motherboard
Adalah  papan utama untuk meletakan berbagai komponen komponen Komputer seperti processor, ram, port dan lain-lain.
Fungsinya :
-       untuk meletakkan komponen yang berfungsi di computer
-       untuk tempat komponen elektronik saling melakukan hubungan seperti pada PC atau Macintosh
b.    Processor
Adalah pusat atau otak dari komputer
-       Untuk menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer
c.  Memory/RAM
 Semua data dan program yang  dimasukan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory khususnya di ram. Ram merupakan memory yang  dapat diakses. Yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer

4.            Menjelaskan cara kerja masing-masing komponen PC Pilih salah satu komponen yang terdapat pada komputer anda, dan jelaskan mekanisme kerja komponen tersebut, Bandingkan kinerja tersebut dengan komponen sejenis yang berfungsi sama dengan spesifikasi yang berbeda! (Tidak boleh sama dengan teman lain satu jurusan yang mengambil mata kuliah hardware software).
Jawab :





5.        Memori dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Sebutkan dan jelaskan tentang kedua jenis memori tersebut!
Jawab : memori internal adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer
sedangkan
              Memori eksternal adalah Perangkat keras yang digunakan untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama.

6.             Jelaskan tentang register!
Jawab : Register merupakan sebagian memori dari mikroprosesor yang dapat diakses dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dalam melakukan pekerjaannya mikroprosesor selalu menggunakan register-register sebagai perantaranya, jadi register dapat diibaratkan sebagai kaki dan tangannya mikroprosesor

7.             Jelaskan tentang processor dan bagaimana perkembangannya!
Jawab : processor adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja komputer, dengan dibantu oleh komponen lainnya

Sejarah Perkembangan Microprocessor
Intel Processor
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai processor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.
1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah processor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan fromfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah fromfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.
2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus dan thermal design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
2008 : Intel i7
Processor ini mempunyai code name Nehalem. Pada awalnya penggantian nama baru i7 membuat pelanggan setia intel cukup sulit mengingatnya. Beberapa keunggulan dari processor intel terbaru ini adalah:


1. Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
2. FSB (Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface.
3. Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor.
4. Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot. –    Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
5. Core i7 menggunakan single-die device : core (inti processor), memory controller, dan cache berada dalam satu die.
6. Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B (Socket LGA 1366)
Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi  ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core. Processor i7 mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor.


8.             Jelaskan tentang motherboard!
Jawab : Motherboard adalah  papan utama untuk meletakan berbagai komponen komponen Komputer seperti processor, ram, port dan lain-lain.
9.             Sebutkan persiapan dalam merakit komputer!
Jawab :  1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

10.         Sebutkan penyebab troubleshooting komputer dan cara mengatasinya!
Jawab :  Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung


VI.        DAFTAR PUSTAKA
1.      Arif Irwansyah, Merakit Komputer, arif@eepis-its.edu
2.      Ivan Suderman, Perkembangan Hardware Komputer, ivan@wiraekabhakti.co.id
3.      Rachmad Fajar, Pengertian Komputer dan Sistem Komputer


Komentar

Postingan populer dari blog ini

jaringan komputer

APLIKASI MULTIMEDIA